Click here for Myspace Layouts
Sabtu, 28 Mei 2011
Puisi merupakan salah satu hasil karya sastra yang masih tumbuh dan berkembang sampai sekarang. Akan tetapi, tidak semua orang dapat dengan mudah memahami apa isi yang terkandung dalam sebuah puisi. Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam karangan prosa. Bahasa dalam puisi menggunakan kata-kata yang bermakna kias dan simbol-simbol tertentu. Selain bahasa, bentuk struktur puisi juga berbeda  dengan karya sastra lain karena puisi strukturnya terdiri atas beberapa bait yang tersusun atas beberapa larik.

Menulis puisi sebenarnya mengungkapkan gagasan dalam bentuk puisi. Gagasan itu dilandasi oleh tema tertentu. Oleh karena itu, sebelum menulis sebuah puisi lebih dahulu kita harus menentukan temanya, yaitu pokok persoalan yang akan kita kemukakan dalam bentuk puisi. Tema itu kemudian dapat kalian kembangkan dengan menentukan hal-hal apa yang akan dikemukakan dalam puisi. Dalam menulis puisi, kalian harus memilih kata-kata yang tepat, bukan hanya tepat maknanya, melainkan juga harus tepat bunyi-bunyinya dan menyusun kata kata itu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan estetis (indah).


Sumber : Anindyarini, Atikah dan Sri Ningsih. 2008.  Bahasa Indonesia: SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.  Hal 84

0 komentar:

Posting Komentar

Follow on Twitter



Anda Pengunjung ke

About Me

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.